Cara Menanam Lada atau Merica Lengkap Dengan Videonya

/
Tanaman lada atau juga yang dikenal dengan merica tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Tanaman ini termasuk tanaman rempah yang banyak dikembangkan di Indonesia. Lada atau merica adalah kebutuhan sehari-hari yang selalu digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari bumbu masak, minuman, obat-obatan sampai untuk dijual. Tidak mengherankan usaha ini banyak dilirik banyak orang karena memiliki prospek cerah.

Dalam budidaya lada yang lebih efisien, ramah lingkungan dan berkelanjutan diperlukan bibit yang bermutu agar diperoleh tanaman lada yang cepat berbuah, produksinya banyak dan berumur panjang.

Salah satu cara untuk memperoleh bibit lada atau bibit merica yang bermutu dapat dilakukan melalui teknik pembibitan lada dengan stek pendek satu ruas berdaun tunggal. Selain dapat menghemat lahan, Keuntungan pemakaian stek satu ruas ini, juga dapat menghemat bahan tanaman, menekan kematian tanaman di kebun, serta mempermudah dalam pengangkutan.

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah cara pembibibitan lada atau pembibitan merica stek pendek satu ruas berdaun tunggal agar diperoleh bibit lada yang baik.

Tahapan Budidaya lada Stek pendek satu ruas berdaun tunggal


Langkah pertama yang perlu diperhatikan sebelum memulai pembibitan tanaman lada Stek pendek satu ruas berdaun tunggal adalah :

1. Pemilihan Bahan Tanaman untuk Stek



Karena pengambilan bahan stek yang benar akan diperoleh hasil yang baik. Bahan stek sebaiknya diambil dari pohon induk yang sehat, bebas hama dan penyaikit, berasal dari sulur panjang yang tumbuh keatas dan melekat pada pohon sandaran serta memiliki cabang produksi.

Sulur yang baik untuk bahan stek adalah yang tidak terlalu tua tetapi sudah berkayu. Karena apabila dari stek yang terlalu tua pertumbuhannya lambat sedangkan terlalu mudah juga tidak baik. Stek tanaman lada hendaknya diambil dari bagian yang memiliki akar dan tunas tidur antara helaian dan ruas daun.

Panjang sulur sekurang-kurangnya 7 ruas dan dapat dimbil terus menerus dari 1 tanaman.

Setelah bahan stek telah siap langkah selanjutnya adalah potong sulur pada setiap ruas tanaman lada yang memiliki 1 helai daun dengan menggunakan pisau yang tajam dan steril. Pemotongan kurang lebih 1 cm di atas ruas. Upayakan agar setiap stek mempunyai 1 helai daun hal ini untuk membantu proses fotosintesis.



Selanjutnya rendam dalam larutan gula dengan perbandingan 1 sendok gula pasir untuk 5 liter air selama kurang lebih 1 jam.

2. Pembibitan lada stek pendek satu ruas berdaun tunggal


Pertama siapkan polybag (kantong plastik) yang sudah diisi media tanam yaitu campuran tanah, pasir dan pupuk bokashi dengan perbandingan 2:1:1 . tempatkan polybag dibawah paranet atau naungan khusus dari pelepah kelapa atau alang-alang dengan intensitas cahaya 50-70 % dengan cara disusun berjajar.


Hal yang perlu diperhatikan sebelum ditanami, polybag yang telah terisi media hendaknya dibiarkan selama 20 hari sampai tumbuh rumput-rumput halus dipermukaan tanah dalam polybag, hal ini menunjukan bahwa kandungan racun dalam media polybag sudah berkurang.


Satu hari sebelum stek lada ditanam, rumput di polybag harus dibersihkan, setelah polybag siap ditanami lakukan penyiraman untuk mempermudah penanaman stek. Selanjutnya stek tanaman lada satu ruas siap ditanam.


Lakukan penanaman stek sepanjang ruas stek tersebut sampai bagian akarnya tertancap dengan arah daun mengarah pada satu arah.


Selanjutnya sungkup menggunakan plastik transparan dengan kerangka bambu atau kayu setinggi kurang lebih 1 meter . Penyukupan ini berfungsi untuk memperoleh kelembapan yang tinggi serta suhu yang rendah. Hal ini akan merangsang pertumbuhan stek. Langkah selanjutnya lakukan pemeliharan persemaian stek.


Setelah melakukan penyungkupan bibit tanaman lada stek pucuk berdaun tunggal ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat sungkupan.

Pertama : Jika daun dalam sungkup itu terlihat agak kering kita perlu menepuk nepuk bagian atas dari plastik sungkup agar uapan air yang berada dalam sungkup jatuh turun mengenai daun.


Kedua: Sungkup bisa dibuka setelah terlihat ada tunas yang tumbuh atau berkisar 3 minggu atau 21 hari. Sungkup bisa dibuka pada bagian samping kira-kira selama kurang lebih 1 jam. Hal ini bisa dilakukan disetiap pagi. Setelah tanaman berumur kurang lebih 1 bulan, cara ini kita perlalukan secara bertahap. Dihari senin misalnya kita membuka satu jam besoknya dihari Selasa bisa 2 sampai 3 jam begitu seterusnya hal ini bertujuan untuk melatih tanaman terhadap hawa luar sungkup. Dan jika tanaman sudah merasa cukup tahan terhadap hawa yang berada di luar sungkup kita bisa membuka sungkupnya secara keseluruhan. Jadi kita perlu memperhatikan di dalam tanaman ini ketika tanaman sudah bertunas kita tetap mensukupnya sampai berdaun 2 atau 3 ruas lalu kita bisa melepas sungkup secara keseluruhan.

Setelah daun sudah beruas 2-3 ruas kita harus melakukan penancapan tongkat bambu dan mengikatnya dengan tali yang bertujuan agar tanaman lada menempel karena sifat tanaman lada adalah ketika tidak ada tempat untuk menempelkan ruasnya pada kayu tanaman lada akan berubah sifat menjadi sulur cacing.



Setelah 3 sampai 4 bulan stek telah tumbuh menjadi bibit lada dimana stek telah berdaun kira-kira 5 sampai 7 helai selanjutnya bibit siap untuk ditanam.



PENANAMAN LADA


Stek dapat langsung ditanam pada lubang tanam yang telah dipersiapkan di dekat tiang panjat, namun terlebih dahulu membuang kantong polybag-nya. Stek diletakan miring kearah tajar atau tiang panjang. Benam 4 ruas stek bagian pangkalnya kedalam tanah. Sedang 3 ruas sisanya disandarkan pada tajar. sebaiknya tanah galian terlebih dahulu dicampur dengan pupuk kandang atau kompos secukupnya kemudian tanah disekeliling stek dipadatkan.

Berilah pelindung pada stek yang baru ditanam tersebut. Naungan yg umum digunakan adalah alang alang. Jika kita perkirakan tidak akan turun hujan dihari penanaman, ada baiknya bibit tanaman lada yang sudah ditanam tersebut disiram agar tidak kering dan stress.



Demikian teknik penanaman lada dengan menggunakan stek pendek satu ruas berdaun tunggal, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang memulai pembudidayaan tanaman lada.

Untuk lebih jelasnya cara menanam lada bisa dilihat videonya :

Facebook twitter Google

Related Post

Komentar di nonaktifkan

Android Version

Download aplikasi Android Banggai Raya

KLIK DISINI