MUAMALAT INTERNET BANKING

/


Aplikasi Muamalat Mobile adalah aplikasi terpadu yang meliputi Internet Banking, info lokasi ATM/Cabang, info produk, call center 1500016, arah kiblat, jadwal shalat serta aplikasi haji dan umrah. Selain itu aplikasi Mobile Banking juga dapat melakukan transaksi dan finansial yang dapat beroperasi 24 Jam cukup dengan mengunduh aplikasi melalui Smartphone.

Apakah Mobile Banking Muamalat?

Merupakan salah satu layanan e-banking dari Bank Muamalat yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi non-finansial seperti cek saldo, 10 transaksi terakhir, transaksi hari ini dan mutasi rekening, serta transaksi finansial seperti transfer, pembayaran tagihan dan pembelian pulsa. Mobile Banking Muamalat menawarkan kemudahan dalam bertransaksi secara real time, aman dan praktis menggunakan perangkat gadget / smartphone nasabah melalui koneksi internet GPRS/EDGE/3G/4G/WIFI.

Di mana aplikasi Mobile Banking Muamalat dapat diunduh?

Aplikasi Mobile Banking Muamalat dapat diunduh melalui application store dari masing-masing smartphone yang dimiliki nasabah. Nama dari aplikasi yang ada di application store adalah Muamalat Mobile.

BENEFIT
- Transaksi perbankan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja melalui Smartphone
- Menggunakan User ID, Password dan TIN serta ada limit transaksi
- Registrasi cukup dilakukan melalui ATM Bank Muamalat atau Customer Service
- Tersedia fitur favorit untuk mencatat data transaksi
- Dilengkapi dengan fitur Home, Favorit, Rekening, Transfer, Pembayaran, Isi ulang dan Profile yang bisa diakses dengan menggeser layar ke kiri dan ke kanan
- Transaksi transfer dapat dilakukan secara berulang (recurring)
- Bukti transaksi bisa langsung di share ke social media

SYARAT
- Nasabah Perorangan
- Memiliki Rekening Tabungan
- Memiliki Kartu ATM Muamalat
- Melakukan Registrasi di ATM Muamalat atau Customer Service
- Memiliki Smartphone dalam platform Android, iPhone, Blackberry, dan Windows Phone dengan minimum versi sesuai ketentuan Bank
- Download Aplikasi Muamalat Mobile melalui Play Store, App Store, Blackberry World, dan Windows Phone Store

BIAYA
- Tidak ada biaya administrasi bulanan
- Biaya penggunaan layanan data (4G/3G/GPRS) sesuai operator telekomunikasi yang digunakan
- Pada transaksi tertentu ada biaya transaksi yang dikenakan, misal : Pembayaran Telkom

SPESIFIKASI SMARTPHONE
Platform :Minimum Spesifikasi OS
Android : JellyBean 4.1
iOS : iOS 7
Blackberry : Blackberry OS 10
Windows Phone : Windows Phone 7

FITUR, LIMIT & BIAYA TRANSAKSI

FiturLimit Transaksi per hariBiaya
INFORMASI-Gratis
Informasi Saldo-Gratis
Transaksi Hari Ini-Gratis
10 Transaksi Terakhir-Gratis
Informasi Mutasi Rekening-Gratis
TRANSAKSI FINANSIAL
Transfer antar Bank MuamalatRp 50.000.000,-Gratis
Transfer ke Bank lainRp 25.000.000,-Rp 6.500,-
Transfer ke Bank lain (SKN)Rp 100.000.000,-Rp 5.000,-
Transfer ke Bank lain (RTGS)Rp 200.000.000,-Rp 20.000,-
Transfer Terjadwal-Gratis
PEMBELIAN
Pulsa Isi UlangRp 2.000.000,-*Gratis
(Telkomsel dikenakan biaya Rp 1.500,-)
TV Berlangganan (Orange TV)Sesuai SaldoGratis
Topup Kartu BlitzSesuai SaldoGratis
PEMBAYARAN
Telkom GroupSesuai SaldoRp 3.000,-
(Telkom, Speedy, Flexi, TelkomVision/TransVision)
Tagihan PonselSesuai SaldoGratis
(Telkomsel, Indosat, XL/Axis, Tri, Esia, Smartfren)
TV BerlanggananSesuai SaldoGratis
(Indovision, OkeVision, Top TV, Nexmedia)
TV Berlangganan (Topas TV)Sesuai SaldoRp 3.500,-
Tiket Garuda AirlinesSesuai SaldoRp 5.000,-
ZIS (Zakat, Infaq & Shadaqoh)Sesuai SaldoGratis
(RZI dan Dompet Dhuafa dikenakan biaya Rp 1.500,-)
Asuransi Jiwa SinarmasSesuai SaldoGratis
Virtual Account MuamalatSesuai SaldoRp 1.000,-

Bagaimana cara melakukan registrasi Mobile Banking Muamalat?

Nasabah dapat mendaftar Mobile Banking Muamalat dengan melakukan pendaftaran di menu registrasi Mobile Banking pada ATM Muamalat terdekat atau melalui Customer Service menggunakan fasilitas PIN Pad yang dilakukan di kantor layanan Bank Muamalat.

Bagaimana urutan proses registrasi Mobile Banking Muamalat?

Tahap 1
Registrasi Mobile Banking di ATM Muamalat / PIN Pad, melakukan input nomor telepon smartphone Nasabah serta membuat password yang akan digunakan untuk melakukan aktivasi Mobile Banking Muamalat.
Tahap 2
Melakukan registrasi TIN Mobile Banking di ATM Muamalat / PIN Pad, pembuatan TIN sebanyak 6 digit yang akan digunakan sebagai otentikasi setiap kegiatan transaksi.
Tahap 3
Download aplikasi Mobile Banking Muamalat di application store dari masing-masing smartphone yang digunakan.
Tahap 4
Aktivasi Mobile Banking Muamalat dengan Login menggunakan username (tercetak pada struk saat registrasi Mobile Banking) dan password yang didaftarkan saat melalukan registrasi Mobile Banking di ATM Muamalat / PIN Pad. Pada layar verifikasi, input challenge code yang dikirimkan via sms dari nomor handphone yang didaftarkan saat melakukan registrasi Mobile Banking di ATM Muamalat / PIN Pad, input nomor handphone dan nomor kartu ATM.

Apa yang dimaksud TIN Mobile Banking?

TIN (Transaction Identification Number) merupakan otentikasi pada Mobile Banking yang dibutuhkan pada saat melakukan transaksi finansial. Anda dapat melakukan registrasi TIN di ATM Muamalat / PIN Pad di Customer Service, melalui menu registrasi TIN Mobile Banking, Anda akan diminta membuat TIN berupa angka sebanyak 6 digit. Untuk selanjutnya setiap sebelum melakukan transaksi di Mobile Banking, Anda diminta untuk memasukkan dua digit dari TIN secara acak. Misalnya:”Masukkan digit ke x dan y TIN anda”. Pastikan Anda mengingat kode TIN yang telah dibuat agar dapat melakukan transaksi melalui Mobile Banking. Kesalahan memasukkan TIN sebanyak tiga kali mengakibatkan Mobile Banking terblokir sehingga tidak melakukan transaksi finansial.

Bagaimana jika saya lupa password login Mobile Banking Muamalat? Apakah saya dapat bertanya password saya kepada Bank Muamalat?

Password bersifat rahasia dan tidak diketahui oleh siapapun. Mobile Banking akan otomatis terblokir bila terjadi kesalahan input password sebanyak tiga kali. Nasabah dapat melakukan registrasi ulang via ATM Muamalat / PIN Pad di Customer Service, selain itu nasabah dapat menghubungi SalaMuamalat 1500016 untuk mendapatkan bantuan dan informasi mengenai Mobile Banking Muamalat.

Bagaimana cara memastikan apakah transaksi yang dilakukan melalui Mobile Banking Muamalat sudah berhasil?

Setelah nasabah melakukan otorisasi transaksi dengan melakukan input TIN, maka akan tampil resi sebagai bukti bahwa transaksi telah berhasil dilakukan. Untuk mengetahui transaksi yang berhasil, nasabah dapat melakukan pengecekan dari menu rekening seperti transaksi hari ini, 10 transaksi terakhir dan cek mutasi. 

Apakah resi transaksi yang ada dapat dikirimkan sebagai bukti transaksi kepada orang lain?

Resi transaksi yang didapatkan dari Muamalat merupakan bukti yang sah atas suatu transaksi. Nasabah dapat mengirimkan resi yang tampil setelah melakukan transaksi dengan menyentuh icon share untuk mengirimkannya via sms, email atau messenger. 

Mengapa saya tidak bisa melakukan transaksi Mobile Banking Muamalat padahal saya sudah pernah berhasil melakukan transaksi sebelumnya?

Mohon lakukan pengecekkan beberapa hal ini:
- Apakah Nasabah sudah melakukan input username, password dan TIN dengan benar?.
- Apakah Nasabah melakukan transaksi di atas limit harian Mobile Banking Muamalat?.
- Apakah Nasabah sudah mengisi data transaksi dengan benar?.
Bila ternyata input data sudah dilakukan dengan benar, ada kemungkinan bila Mobile Banking Nasabah telah terblokir dikarenakan terdapat kesalahan input password atau TIN sebanyak tiga kali. Untuk mengaktifkan kembali, Nasabah dapat melakukan registrasi ulang Mobile Banking di ATM Muamalat / PIN Pad di Customer Service atau menghubungi SalaMuamalat di 1500016. 

Berapa biaya yang dikenakan bila menggunakan layanan Mobile Banking Muamalat?

Biaya untuk penggunaan layanan Mobile Banking Muamalat adalah biaya data koneksi internet yang disesuaikan berdasarkan layanan data operator telekomunikasi yang digunakan nasabah serta biaya transaksi sesuai biaya jasa dari masing-masing mitra. 

Bagaimana cara menghapus atau menonaktifkan aplikasi Mobile Banking Muamalat?

Nasabah dapat melakukan hal-hal berikut ini:
- Nasabah dapat melakukan uninstall aplikasi Mobile Banking Muamalat melalui menu setting pada masing-masing smartphone.
- Menghubungi SalaMuamalat 1500016 atau mengunjungi cabang Muamalat terdekat untuk mengajukan permintaan penonaktifkan aplikasi Mobile Banking Muamalat.

Apa yang harus dilakukan bila pada transaksi Mobile Banking Muamalat terjadi masalah?

Segera menghubungi SalaMuamalat 1500016 untuk menyampaikan informasi masalah yang terjadi berdasarkan transaksi yang dilakukan.

Mengapa Mobile Banking di smartphone milik saya terblokir sehingga tidak bisa masuk ke aplikasi / melakukan transaksi?

Mobile Banking akan otomatis terblokir dengan ketentuan sebagai berikut:
- Kesalahan input password sebanyak tiga kali.
- Kesalahan input TIN sebanyak tiga kali.

Untuk kembali mengaktifkan Mobile Banking, Anda dapat melakukan registrasi ulang Mobile Banking melalui ATM Muamalat / PIN Pad di Customer Service atau menghubungi SalaMuamalat 1500016 serta datang ke Customer Service.
Facebook twitter Google

Related Post

Komentar di nonaktifkan

Android Version

Download aplikasi Android Banggai Raya

KLIK DISINI